FALLING LOVE

Senin, 17 Oktober 2011

Fungsi Bahasa

1. Jelaskan dengan contoh menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar !

Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi
Tapi perlu diketahui juga bahwa fungsi bahasa pada dasarnya lebih dari sekadar alat untuk menyampaikan informasi, atau mengutarakan pikiran, perasaan, atau gagasan, karena bahasa juga mempunyai fungsi fungsi sebagai berikut ini :
1. Untuk tujuan praktis : mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
2. Untuk tujuan artistik : manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia.
3. Sebagai kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain, di luar pengetahuan kebahasaan.
4. Untuk mempelajari naskah-naskah tua guna menyelidiki latar belakang sejarah manusia, selama kebudayaan dan adat-istiadat, serta perkembangan bahasa itu sendiri (tujuan filologis).

Contoh :
Bila kita berbicara dengan teman sebaya kita, maka kita dapat gunakan bahasa seperti ;
"Teman-teman, kalian tau nggak sih hari ini gue lagi seneng banget.. "

Bila kita berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita, maka kita harus menggunakan bahasa seperti ;
"Mohon tunggu sebentar pak, terima kasih."


2.Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi !
Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi dalam bentuk percakapan yang saya ambil seperti ;

Cinderella bermaksud untuk meminjam baju pesta kakak-kakak tirinya yang bernama barbara dan nichole karena dia ingin ikut ke acara pesta dansa yang di gelar oleh pangeran.. namun ternyata kakak-kakak tirinya tidak mau dan melarang cinderella untuk ikut pada acara tersebut dan ibu tirinya menyuruhnya untuk membersihkan rumah saja.

Cinderella : "kak, aku ingin sekali pergi ke pesta dansa di istana.. namun aku tidak memiliki gaun yang layak untuk pergi ke acara tersebut.. sudikah kiranya aku meminjam salah satu dari gaun kalian?"

Barbara : "Enak saja kau ini, maaf ya.. gaunku terlalu bagus untuk kau pakai jadi lebih baik kau pinjam saja gaun milik nichole!"

Nichole :" Apa? Gaunku? maaf ya cinderella.. aku tak sudi meminjamkan gaun mahalku untukmu.. lebih baik kau tidak usah ikut kami ke acara tersebut karena kau tidak pantas ke sana! "

Cinderella : "Ku mohon kak,, hanya satu malam ini saja aku ikut dengan kalian.. berdasarkan surat undangan dari pangeran tadi seluruh putri di undang ke acara dansa tersebut tanpa terkecuali, jadi aku mohon ijinkan aku ikut dan meminjam gaun kalian.. "

Barbara : "Sekali tidak tetap tidak !"

Ibu tiri :"Lebih baik kau membersihkan rumah saja, dan ketika kami sudah sampai di rumah nanti malam, rumah ini harus sudah bersih ! kau mengerti cinderella ?"

Cinderella :"Ba ba baik bu.. "


♥ THANKS FOR READING ♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar