FALLING LOVE

Rabu, 16 Februari 2011

Apakah I.Q. itu ?

Tingkat kecerdasan seorang anak yang di tentukan secara metodik oleh I.Q (Intelligentia Quotient) memegang peranan penting untuk suksesnya anak dalam belajar. Menurut penyelidikan I.Q atau daya tangkap seseorang mulai dapat di tentukan sekitar umur 3 tahun. Daya tangkap mana sangat di tentukan oleh garis keturunan (genetik) yang di bawanya dari family ayah atau ibu di samping faktor gizi makanan yang cukup.

I.Q atau daya tangkap ini di anggap takkan berubah sampai seseorang dewasa kecuali bila ada sebab-sebab kemunduran fungsi otak seperti ketuaa, kecelakaan dan lain-lain. I.Q yang tinggi memudahkan seorang murid belajar dan memahami pelbagai ilmu. Daya tangkap yang kurang merupakan penyebab kesulitan belajar pada seorang murid, di samping faktor2 lain seperti gangguan fisik (demam, lemah, sakit sakitan) dan ganggguan emosionil.

Secara dini untuk menentukan I.Q seseorang adalah pada saat ia mulai pandai berkata-kata. Ada hubungan langsung antara kesanggupan bahasa si anak dengan I.Q nya. Apabila seorang anak dengan I.Q tinggi mulai masuk sekolah, dengan segera penguasaan bahasa ( kata-katanya ) semakin tingggi dan banyak pula. Para sarjana menetapkan rumus kecerdasan umum, atau I.Q itu sebagai berikut :

Usia mental anak (di bagi )Usia sesungguhnya ( dikali ) 100 = I.Q

Kita ambil contoh anak pada usia 3 tahun telah punya kecerdasan anak yang rata-rata baru bisa berbicara seperti itu pada usia 4 tahun dan ini di sebut dengan usia mental. dengan demikian I.Q si anak adalah 4/3 kali 100 ialah 133. Interpretasi atau penafsiran dari I.Q adalah sperti berikut  (yang boleh di tambah atau di kurangi 10 karena belum di temuakn test percobaan yang lebih tepat untuk mengukur I.Q)


Hampir-hampir genius...........................................................di atas 140
sangat super.........................................................................120-140
super...................................................................................110-120

normal.................................................................................90-110
bodoh.................................................................................80-90

perbatasan..........................................................................70-80
morn(dungu).......................................................................50-70
imbecile..............................................................................25-50
idiot...................................................................................0-25


Usia mental biasanya di tentukan dengan suatu serial test, dimana test dari stanford binet adalah yang paling terkenal.usia sesungguhnya dari anak adalah usia sejak lahir dalam yahun, misalnya 5 th, 6 th, 7 th, dsb. istilah " hampir-hampir genius" paling banyak di gunakan oleh psikologi sampai tiba saatnya kelak sang anak dewasa dan memperlihatkan kebolehannya untuk menggunakan I.Q di atas 140 dan dengan demikian berhak mendapatkan julukan "genius "....

♥ THANKS FOR READING ♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar